Rabu, 05 Desember 2012

TUGAS 4 (KOMENTAR GAMBAR REALITA SOSIAL )



 TUGAS (BERBAGAI REALITAS SOSIAL MASYARAKAT INDONESIA)

1.                  DALAM BIDANG HUKUM

                       Komentar :
Huukum di Indonesia saat ini layaknya “ SEBILAH PISAU” yang artinya tajam kebawah dan tumpul ke atas. Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo (kiri) saat ini masih dibiarkan bebas berkeliaran padahal dia di indikasikan terjerat korupsi. Sedangkan Minah(kanan) seorang nenek umur 55 tahun dituntut jaksa hukuman 6 bulan atas tuduhan mencuri 3 biji kakao yang sudah jatuh ke tanah milik PT Rumpun Sari Antan IV (RSA) di Banyumas , Jawa tengah. Meskipun akhirnya Hakim menjatuhkan hukuman 1 bulan 15 hari kepada si nenek, tanpa harus menjalani di penjara kecuali terbukti mengulangi kesalahan, namun ada rasa keadilan yang terkoyak melihat kasus ini. Bila Dewi Keadilan yang tertutup matanya digambarkan sebagai simbol yang tidak pandang bulu dalam menjatuhkan hukuman, namun dalam kasus ini terlihat jelas bahwa para penegak hukum telah bermain mata dengan para pemilik modal. Dimana letak realisasi dari sila ke-5 Pacasila yang berbunyi “ KEADILAN  BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA”. Ini sebuah tanda tanya BESAR  (?).

2.                  DALAM BIDANG PENDIDIKAN
                       



Komentar :
Ironi pendidikan Indonesia saat ini. Disaat anak-anak orang kaya dapat merasakan indahnya masa sekolah, dilain pihak anak-anak yang tidak mampu hanya bisa diam, atau protes ke pemerintah dan tidak ditanggapi pula. Dimana realisasi dari Undang-Undang pasal 30 ayat 1 yang berbunyi ”Tiap-tiap warga Negara berhak ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara”???

3.      DALAM BIDANG EKONOMI


                       

Komentar :
“INDONESIA MERUPAKAN NEGARA TERKORUP DIDUNIA” ini sungguh memilukan disaat masih banyak warga miskin yang sangat membutuhkan uluran tangan dari pemerintaah, banyak sekali wakil-wakil rakyat kita yang mengambil atau menyalahgunakan uang rakyat yang seharusnya dipeegunakan demi kepentingan rakyat.

0 komentar:

Posting Komentar